Senin, 20 Mei 2024

Dunia Hadapi 4 Penyakit Menular Berbahaya

JAKARTA – Dalam minggu-minggu terakhir ini ada empat penyakit menular yang jadi masalah penting di dunia sehingga menjadi trending topics di bidang kesehatan dunia.
 
“Ini penting untuk menjadi perhatian oleh negara kita. Keempat penyakit itu adalah MERS CoV, Flu Burung, Ebola dan Polio,” demikian Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbankes), Kementerian Kesehatan, Prof DR. Dr. Tjandra Yoga Aditama kepada Bergelora.com di Jakarta, Minggu (13/7)
 
Tjandra Yoga Aditama menyampaikan bahwa pada data WHO (World Helath Organization) tanggal 4 Juli lalu 2014 ada 827 kasus MERS CoV  dengan 287 kematian di dunia.
 
“Sepanjang Juli 2014, WHO menerima laporan MERS CoV berupa 7 kasus di Saudi Arabia dan 1 kasus dari Iran,” ujarnya.
 
Untuk kasus flu burung yang kini banyak dilaporkan adalah akibat Avian Influenza A (H7N9). Kasus terakhir dilaporkan WHO pada 24 Juni, dari Cina dan Taiwan.
       
Khusus untuk Ebola di Afrika, pada 8 Juli 2014 ini ada 844 kasus dengan status confirmed, probable dan suspect. Sebanyak 518 diantaranya dijemput kematian.
Antara 3 sampai 6 Juli 2014 maka dilaporkan 50 kasus Ebola dengan 25 kematian.
 
“Para Menteri Kesehatan beberapa negara Afrika sudah melakukan rapat koordinasi untuk penanggulangan bersama, khususnya untuk kasus-kasus di Liberia, Guinea dan Siera Leona,” ujarnya.
   
Masalah penyakit ke empat adalah Polio‎. Di satu sisi kini dunia menuju ke situasi bebas Polio. Indonesia sudah dideklarasikan bebas Polio pada Mei 2014 yang lalu. Sementara di sisi lain masih ditemukan laporan-laporan virus polio liar di beberapa negara.
 
“Pada Juni 2014 misalnya, WHO menerima laporan ditemukannya Wild Polio Virus type 1 (WPV 1) di sistem pembuangan. Selain itu, pada Maret 2014 dilaporkan juga penemuan WPV 1 di Equatorial Guinea dan Kamerun,” jelasnya.
     
Program pengendalian penyakit di Indonesia sudah mempunyai sistem untuk menangani masalah kesehatan global, baik melalui mekanisme International Health Regulation IHR 2005, konsep PDR (pencegahan, deteksi, respon) dan GHSA (global health security agenda). (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru