Sabtu, 25 Mei 2024

GASPOL MEN..! Wamenkominfo Nezar Patria Jajaki Kerja Sama dengan Amazon dan Microsoft

JAKARTA- Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengumumkan rencananya untuk menjajaki beberapa peluang kerja sama dengan perusahaan global, seperti Amazon Web Services, Inc. dan Microsoft Corporation. Ia menjelaskan bahwa pertemuan antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Amazon Web Services berlangsung pada Senin (29/4/2024).

“Kami akan berdiskusi mengenai dengan mereka (Amazon Web Services). Setelah itu, kami melanjutkan kunjungan ke Kantor Microsoft untuk berdiskusi tentang keamanan siber atau cyber crime. Juga ada sesi khusus tentang artificial intelligence (AI) yang dikembangkan Microsoft,” imbuh Nezar dalam siaran pers yang dikutip dari laman kominfo.go.id, Selasa (30/4/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan Nezar saat memulai kunjungan kerja ke Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS), Jumat (26/4/2024). Dalam kunjungan ini, ia bertemu dengan Permias Seattle.

Permias Seattle merupakan organisasi nirlaba mahasiswa yang berbasis di Seattle. Organisasi ini dijalankan secara mandiri oleh pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Greater Seattle Area.

Dalam kesempatan tersebut, Nezar menyebutkan bahwa Kota Seattle merupakan pusat teknologi. Oleh karena itu, ia juga akan membahas beberapa peluang kerja sama.

“Ada beberapa hal yang akan kami diskusikan, misalnya peluang kerja sama Kemenkominfo dalam meningkatkan kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM), terutama untuk memperkuat bakat digital Indonesia,” jelasnya.

Nezar menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia, melalui perwakilannya, akan mempelajari praktik terbaik dalam teknologi terbaru yang sesuai untuk diterapkan dalam perangkat dan pengelolaan tata kelola data.

Selain membahas kerja sama, Nezar mengatakan bahwa Kemenkominfo juga akan membahas peluang pengembangan Pusat Data Nasional (PDN) yang tengah dibangun di Cikarang, Jawa Barat (Jabar).

Selain membahas kerja sama, Nezar menyatakan bahwa Kemenkominfo juga akan membahas peluang pengembangan Pusat Data Nasional (PDN) yang sedang dibangun di Cikarang, Jawa Barat (Jabar).

Menurutnya, saat ini pembangunan PDN telah mencapai 45 persen dan akan memerlukan tata kelola yang baik agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Kami berharap agar PDN di Cikarang dapat selesai pada Kamis (10/10/2024), sehingga bisa diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi),” jelas Nezar sambil menjelaskan rencana pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Untuk mencapai tujuan tersebut, lanjutnya, Kemenkominfo sedang mengkaji bagaimana tata kelola data yang baik, yang sesuai dengan kondisi Indonesia, sambil memastikan kedaulatan data. Hal ini menjadi salah satu fokus utama kunjungannya.

Kepasda Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, sebagai informasi, Nezar tiba di Bandar Udara Internasional Seattle Tacoma pada pukul 10.25 waktu setempat, didampingi oleh Staf Khusus (Stafsus) Riant Nugroho.

Dalam kunjungan kerjanya, ia juga akan bertemu dengan perwakilan Diaspora Indonesia yang bekerja dan belajar di kota teknologi tersebut. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru