Kamis, 18 Juli 2024

GENJOT TERUS PAK..! Jokowi: Walau Ekonomi Sulit Daya Saing Kita Ungguli Inggris dan Jepang

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta. Sidang ini membahas isu perekonomian terkini.

Jokowi memasuki ruangan Istana Negara pukul 13.37 WIB, Senin (26/4/2024). Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) menghadiri sidang kabinet paripurna ini.

“Kita tahu dunia sedang berada pada ketidakpastian yang tinggi di tengah ekonomi dunia yang semakin sulit dan tidak menentu eskalasinya geopolitik, terutama di Timur Tengah, meningkat kalau kita lihat inflasi dunia juga meninggi, diferensiasi nilai tukar terus menekan ekonomi semua negara,” ujar Jokowi.

Namun, Jokowi senang daya saing Indonesia di tahun 2024 meningkat signifikan. Ranking daya saing Indonesia menurut World Competitiveness Ranking bisa mengungguli negara maju seperti Inggris dan Jepang.

“Saya senang (ranking) ini mengalahkan Inggris yang berada di ranking 28, Malaysia di ranking 34, Jepang di ranking 38, Filipina di ranking 52, dan Turki di (ranking) 53. Kita berada di ranking 27,” jelas Jokowi.

Genjot Kinerja Ekonomi

Kepala Negara asal Surakarta itu pun berharap agar semua pihak dapat bersyukur dan menggenjot lagi kinerja ekonomi Negara dengan berbagai langkah taktis yang dapat ditempuh.

Apalagi, kata Jokowi, dalam kondisi tidak pasti tentunya sulit bagi Negara dalam memperbaiki peringkat skor kenaikan daya saing antarnegara di dunia tersebut. Bahkan, Negara maju seperti Jepang pun disebutnya mengalami penurunan hingga 3 peringkat dan Negara tetangga seperti Malaysia turun 7 peringkat. 3

“Jepang kenapa turun 3 peringkat karena pelemahan mata uang dan juga karena penurunan produktivitas, Malaysia turun juga karena pelemahan mata uang dan masalah stabilitas politik. Artinya apa? stabilitas politik itu penting, artinya stabilitas mata uang itu penting, artinya peningkatan produktivitas itu penting,” pungkas Jokowi.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, para pejabat yang hadir mulai dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdangangan Zulkifli Hasan, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jokowi tampak duduk diapit Ma’ruf Amin dan Prabowo. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru