Sabtu, 24 Februari 2024

JADI GIMANA KAKA…? Gubernur Lukas Enembe: Otsus Membawa Malapetaka Untuk Orang Papua

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, mengatakan Otonomi khusus (Otsus) hanya membawa malapetaka untuk masyarakat Papua.
“Otsus itu hanya membawa malapetaka untuk kita,” kata Gubernur Lukas saat membawa sambutan pada Hari AIDS Se-dunia, di Jayapura, Rabu (1/12/2021).Kata Gubernur Lukas, otonomi khusus (Otsus) juga tidak membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

“Bukan mensejahterahkan, tapi membunuh kita. Jadi hati-hati,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya Otsus di Papua, mengakibatkan banyak orang yang terus berbondong-bondong berdatangan ke Bumi Cenderawasih untuk mencari uang dengan cara yang tidak baik.

“Otonomi khusus memberi dampak yang tidak bagus, banyak orang cari uang disini dengan cara-cara tidak bagus,” katanya.

Kepada Bergelora.com di Jayapura  dilaporkan, hal tersebut dilontarkan lantaran, menurutnya Otsus saat ini sudah tidak lagi diurus oleh pemerintah provinsi, tetapi dikendalikan langsung dari Pusat.

“Tahun ini, semua sudah dipusat. Bukan kewenangan gubernur lagi. Semua di (Pemerintah) Pusat,” tegasnya.

Tidak hanya itu, akibat seluruh kewenangan Otsus dikendalikan oleh Pemerintah Pusat, Gubernur Lukas memastikan kembali untuk tetap memulangkan para mahasiswa ke Papua.

“Saya akan pulangkan mahasiswa beasiswa yang kita biayai, mereka harus pulang. Kita akan rapat untuk mereka pulang, semua mahasiswa kembali karena uang sudah diberikan ke kabupaten,” tukasnya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada pimpinan di kabupaten dan kota di Papua untuk membicarakan hal tersebut. (Sam Awom)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru