Kamis, 29 Februari 2024

JANGAN OMDO BUKTIKAN DONG..! Karawang Siapkan Pengembangan IP Padi 400, 4 Kali Panen Setahun

KARAWANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyiapkan pengembangan Indeks Pertanaman Padi 400 atau IP Padi 400, sebagai upaya meningkatkan produktivitas padi pada tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, Asep Hazar di Karawang, Jumat (26/1/2024) menyampaikan, dengan IP 400, maka petani bisa panen empat kali dalam setahun di lahan yang sama.

“Tahun ini, pengembangan IP 400 akan direalisasikan di areal sawah wilayah Karawang,” kata Asep Hazar.

Kepada Bergelora.com di Karawang dilaporkan.Asep Hazar mengatakan, areal sawah seluas sekitar 10 ribu hektar yang tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Karawang pada tahun ini akan menjadi sasaran pengembangan IP 400.

Menurut Asep Hazar, pengembangan IP 400 bagus untuk meningkatkan produktivitas padi. Namun untuk merealisasikannya perlu persiapan yang matang, sebab akan berkaitan dengan kebutuhan dan kondisi stok pupuk serta benihnya.

“Sekarang ini masih dalam persiapan untuk melakukan pengembangan IP 400,” kata Asep Hazar.

Untuk lahan potensial yang bisa mendukung pelaksanaan program IP Padi 400 adalah lahan irigasi, baik irigasi teknis maupun sederhana.

Sementara untuk menjamin keberhasilan pengembangan IP 400, secara teori ada sejumlah syarat. Di antaranya, satu hamparan waktu tanamnya serentak dengan luas minimal 25 hektar.

Kemudian petak sawah tersier yang dekat saluran sekunder dan air irigasi tersedia selama 11 bulan, bukan areal sawah yang endemik hama, serta ada dukungan alat mesin pertanian serta kelembagaan petani.

“Jadi pada dasarnya, strategi peningkatan intensitas tanam menuju IP Padi 400 ini sangat bagus.”

“Tentu jika berjalan lancar, produksi padi di Karawang akan mengalami kenaikan signifikan,” kata Asep Hazar. (Mustopa)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru