Rabu, 12 Juni 2024

KEMURNIAN MINIMAL 99,8%..!Nikel RI Masuk Bursa Dunia, Luhut: Bikin Australia Marah!

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memamerkan bahwa produk nikel Indonesia masuk ke dalam bursa dunia dalam hal ini London Metal Exchange (LME).

Luhut menyatakan bahwa hal ini menjadi yang pertama bagi Indonesia tatkala produk nikel tersebut masuk bursa LME.

“Selama ini kita di ignore. Dengan kita masuk maka Indonesia sekarang itu mimpi saya yang tentukan harga nikel di dunia,” terang Menko Luhut di Rapat Kerja bersama Banggar DPR RI, Rabu (5/6/2024).

Oleh karena itu, kata Luhut, Australia marah lantaran merasa Indonesia bisa masuk ke dalam bursa LME tersebut. “Ya kita bisa. Bangsa ini hebat kok, yang kita selama ini di toko-tokoin ya bodohnya kita. Tapi sekarang kita prove it,” ungkap Menko Luhut.

Asal tahu saja, LME baru saja menyetujui pencatatan merek nikel olahan pertama dari Indonesia, dengan kode “DX-zwdx”. Meskipun namanya mungkin tidak begitu mudah diingat, masuknya merek baru ini dalam daftar pengiriman yang baik dari LME merupakan momen penting bagi industri global dan nikel Indonesia.

Merek “DX-zwdx” yang baru, dengan kemurnian minimal 99,8% nikel, adalah nikel produksi PT CNGR Ding Xing New Energy. Perusahaan tersebut adalah usaha patungan antara grup bahan baterai China CNGR Advanced Material Co. dan perusahaan lokal.

Mereka memproduksi 50.000 ton logam lembaran penuh setiap tahun dengan spesifikasi tersebut.

LME merupakan bursa berjangka dan opsi terbesar dan tertua di dunia untuk perdagangan logam industri, termasuk aluminium, tembaga, nikel, dan seng. Pada Agustus 2022, ada lebih dari 450 merek yang terdaftar di LME dari lebih dari 55 negara.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, semua merek yang disetujui masuk bursa LME harus mematuhi persyaratan yang ketat tentang kualitas, bentuk, dan berat, sebagaimana diuraikan oleh bursa. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru