Kamis, 18 Juli 2024

KEREN BANGET..! Kereta Cepat Hong Kong-Beijing Resmi Beroperasi, Segini Waktu Tempuhnya

JAKARTA – China membuka rute kereta cepat yang menghubungkan wilayah Hong Kong dengan Beijing dan Shanghai. Rute baru dengan pemberangkatan malam ini mulai beroperasi pada 15 Juni 2024.

Kereta berangkat dari Stasiun Hong Kong West Kowloon pada malam hari, lalu tiba di Beijing pukul 06.53 atau sekitar 12,5 jam perjalanan. Sementara kereta menuju Shanghai akan tiba pukul 06.45 atau 11 jam perjalanan.

Perjalanan kembali dari Beijing dan Shanghai ke Hong Kong berangkat jam 8 malam. Kereta tersebut akan tiba di Hong Kong sekitar jam 07.47 dan 07.29. Jadwal pemberangkatan kereta adalah empat hari sepekan mulai dari Jumat malam hingga Senin malam.

“Ini akan lebih nyaman dan lebih cepat, mengurangi waktu perjalanan sekitar setengahnya, dan akan mencakup tujuan yang lebih luas termasuk kota-kota tempat wisata populer,” kata John Lee, Kepala eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dikutip Bergelora.com, Selasa (18/6/2024).

Sebagai informasi, layanan kereta Beijing-Kowloon dan Shanghai-Kowloon diluncurkan pada 1997. Sebelumnya, perjalanan kereta api ke Beijing memakan waktu 24 jam sedangkan perjalanan ke Shanghai sekitar 19 jam.

Layanan ini ditangguhkan selama pandemi pada 2020 dan telah digantikan oleh opsi kecepatan tinggi baru yang diluncurkan pada tanggal 15 Juni.

Rute baru ini memangkas waktu tempuh hampir setengahnya meskipun tidak secepat kereta peluru yang beroperasi di siang hari. Saat ini, perusahaan kereta api China mengoperasikan satu kereta berkecepatan tinggi setiap hari ke Beijing yang memakan waktu sekitar 8,5 jam. Sementara ke Shanghai memakan waktu sekitar 7,5 jam.

Meski bukan yang tercepat, kereta malam ini menawarkan waktu istirahat yang cukup kepada para penumpang. Kereta ini cocok juga dipilih oleh wisatawan yang tak ingin menghabiskan waktu siangnya di kereta, atau mereka yang ingin menghemat ongkos.

Kereta terdiri dari 16 gerbong, termasuk 13 gerbong untuk tidur, dua gerbong kelas dua dan satu gerbong makan. Pilihan kursi yang tersedia adalah kelas dua (tanpa tempat tidur), kelas sleeper, dan kelas deluxe sleeper.

Harga yang ditawarkan berkisar antara HK$ 937 hingga HK$ 1.506 atau US$ 120-193 untuk rute Hong Kong-Beijing. Sementara tarif Hong Kong-Shanghai berkisar HK$ 682 hingga HK$ 2.128 atau US$ 88-273. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru