Jumat, 12 April 2024

Menteri Siti Nurbaya Selamatkan Suku Rimba

JAMBI- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menerima Suku Rimba Bukit 12  dipimpin  Temanggung Jelita  di Kantor Manggala Agni,  Jambi, Selasa (10/2).

 

“Mereka menyampaikan  masalah-masalah putra rimba  yang tidak lagi makmur, miskin, keluar  dari rimba dan bahkan ada yang  jadi pengemis di luar rimba  karena tidak bisa lagi akses ke alam kehidupannya setelah menjadi Taman Nasional Bukit 12,” demikian Siti Nurbaya Kepada Bergelora.com di Jambi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menjelaskan pemerintah akan memperhatikan masalah anak rimba tersebut sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa hutan harus memberi kesejahteraan untuk rakyat.

Menteri menegaskan  beberapa solusi yang bisa ditempuh  oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sesuai wewenangnya,  yaitu  dengan pola enclave  untuk Suku Rimba, di dalam Taman Nasional  dengan zona tradisional untuk pergerakan Suku Rimba.

“Untuk itu juga akan dibangun pola kolaborasi bersama antara Suku Rimba dan pihak Taman Nasional dalam membangun sarana dan  prasarana. Selain itu juga bisa dilakukan pola kemitraan bersama swasta pemegang ijin yg ada di sekitar kawasan,” ujarnya.

Menteri berjanji akan membawa masalah ini untuk mencari penyelesaian melalui  pembahasan di Tim Pengaduan   Masalah Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dipimpin Deputy Penataan Hukum Lingkungan Hidup dan dan Irjen Keuhutanan. Tim ini juga   yang beranggotakan unsur-unsur LSM lingkungan hidup dan kebijakan publik. 

“Yang lebih penting,  adanya  kejelasan  untuk  masyarakat menyampaikan pengaduannya kepada pemerintah dan sekaligus masyarakat  bisa memantau penyelesaiannya. Pemerintah  akan hadir di tengah rakyat, sesuai janji presiden Jokowi dalam sistem pemerintahannya sekarang,” tegasnya.

Tercatat populasi suku rimba  sebanyak 28.000 orang yang  masih hrs dicheck lagi jumlah angka tepatnya, demikian menurut Willy, pendamping SAD tersebut. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di dampingi beserta Sekretaris Jenderal dan Dirjen Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Ir. Sonny Partono serta  Irjen Kehutanan (Dian Dharma Tungga)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru