Sabtu, 15 Juni 2024

NGAKU AJA DEH..! Hasto Dipanggil KPK Jadi Saksi:Ada Infornasi Baru Soal Pencarian Buronan Harun Masiku

JAKARTA – KPK dalam beberapa waktu terakhir kembali memeriksa saksi-saksi untuk mencari keberadaan buron Harun Masiku. Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap mengaku yakin KPK memeriksa lagi saksi-saksi karena ada petunjuk baru soal keberadaan Harun Masiku.

“Serangkaian penyidikan baru-baru ini dengan memanggil saksi-saksi untuk dimintai keterangan oleh penyidik bukanlah kaleng-kaleng, tetapi penyidik sudah menemukan petunjuk baru keberadaan Harun Masiku,” kata Yudi kepada wartawan, Kamis (6/6/2024).

Yudi mengatakan penangkapan buron Harun Masiku menjadi tanggung jawab pimpinan KPK sekarang sebelum masa jabatan berakhir. Dia menekankan jangan sampai pimpinan KPK sekarang membebani pimpinan KPK di masa yang akan datang karena gagal menangkap Harun Masiku.

“Masa-masa ini merupakan momen terakhir pimpinan KPK yang akan berganti kepemimpinan ke yang baru. Harun Masiku adalah tanggung jawab mereka,” kata Yudi.

“Jangan jadi beban pimpinan yang baru jika mereka gagal menangkap Harun Masiku,” imbuhnya.

Yudi mengaku yakin tidak ada muatan politis dalam pemanggilan terhadap beberapa saksi. Justru, katanya, penyidik KPK terlihat tengah bekerja keras untuk menangkap Harun Masiku.

“Ini bukanlah politik, tetapi memang penyidik dengan kerja kerasnya berhasil semakin mendekat ke Harun Masiku, sehingga pemeriksaan Hasto (Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto) minggu depan merupakan babak baru dari pencarian ini,” ujarnya.

Alasan KPK Panggil Lagi Saksi

KPK mengungkap alasan kembali memeriksa saksi-saksi terkait Harun Masiku. KPK mengatakan melakukan pemeriksaan karena ada informasi baru.

“Jadi bukan karena hal lain, tapi karena ada informasi baru, ya wajib bagi kami untuk menindaklanjuti, itu saja,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (6/6).

Ali menjelaskan sejauh ini ada 3 orang saksi yang telah dilakukan pemeriksaan. Dan pada Senin nanti, KPK dijadwalkan akan memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

“Kan kemarin tiga orang lebih sudah dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan. Berikutnya hari Senin juga nanti kami memanggil pihak yang diduga ada kaitannya dengan hal tersebut, sehingga tentu kami mengkonfirmasinya,” kata dia.

Hasto Sebagai Saksi

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto untuk menjalani pemeriksaan pada Senin (10/6/2024) pekan depan. Hasto akan diperiksa oleh penyidik KPK terkait informasi baru menyangkut keberadaan eks kader PDI-P Harun Masiku.

Harun merupakan tersangka dugaan suap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan pada 2019. Namun, ia melarikan diri dan masuk daftar pencarian orang (DPO).

“Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk hadir di Gedung Merah Putih KPK pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 10.00 WIB,” kata Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (6/6/2024).

KPK berharap Hasto akan hadir memenuhi panggilan penyidik sesuai jadwal pemeriksaan yang telah ditetapkan penyidik.

“Dipanggil untuk perkara tersangka HM (Harun Masiku),” tutur Ali. Beberapa waktu sebelumnya, Juru Bicara PDI-P Chico Hakim menyampaikan Hasto memastikan akan memenuhi panggilan KPK.

Awal Kasus

Kasus suap Harun Masiku berawal saat tim KPK menggelar operasi tangkap tangan pada 8 Januari 2020. Dari hasil operasi, tim KPK menangkap delapan orang dan menetapkan empat orang sebagai tersangka.

Keempat tersangka adalah Wahyu Setiawan, eks Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, kader PDIP Saeful Bahri, dan Harun Masiku. Namun, saat itu Harun lolos dari penangkapan. Tim penyidik KPK terakhir kali mendeteksi keberadaan Harun di sekitar Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan.

Harun hingga kini masih berstatus buronan dan masuk DPO. Harun, diduga menyuap Wahyu dan Agustiani untuk memuluskan langkahnya menjadi anggota DPR melalui pergantian antar waktu (PAW). Saat ini, pencarian Harun Masiku sudah memasuki tahun keempat. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru