Sabtu, 15 Juni 2024

PERCUMA UKT RATUSAN JUTA..! Tidak Ada UI dan UGM, Ini 10 Universitas Terbaik di Asia

JAKARTA – Daftar universitas terbaik di Asia 2024 telah dirilis oleh Times Higher Education. Dalam daftar tersebut, sebanyak tiga universitas berhasil mempertahankan peringkatnya dari 2023 lalu.

Dalam daftar yang dirilis pada 30 April 2024 lalu, daftar “Best Universities in Asia 2024” mengungkapkan peringkat perguruan tinggi terbaik di Asia dari 31 wilayah. Dalam peringkat 10 besar, sebanyak lima universitas di China menduduki daftar tersebut.

Sementara itu, sebanyak dua universitas yang terletak di negara tetangga terdekat Indonesia, yakni Singapura berhasil menduduki daftar lima besar peringkat universitas terbaik di Asia serta menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang “menghuni” daftar 10 besar.

Tsinghua University, China; Peking University, China; dan National University of Singapore, Singapura adalah tiga universitas yang berhasil mempertahankan peringkat dari 2023 lalu. Dalam peringkat dunia, Tsinghua University menduduki peringkat ke-12, Peking University berada di peringkat ke-14, dan National University of Singapore di peringkat ke-19.

Dalam daftar keseluruhan yang mencakup lebih dari 600 perguruan tinggi di Asia, Jepang dilaporkan sebagai negara penyumbang kampus terbaik terbanyak di Asia, yakni sebanyak 119 universitas. Kemudian, diikuti oleh India dengan 91 universitas dan China dengan total 86. Sayangnya dalam daftar tersebut tidak ada universitas dari Indonesia.

Adapun, pemeringkatan universitas di Asia ini dilakukan berdasarkan 18 indikator kinerja yang serupa dengan “Times Higher Education World University Rankings”. Indikator kinerja tersebut dikelompokkan menjadi lima bidang, yakni pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, pandangan internasional, dan industri.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia menurut daftar “Best Universities in Asia 2024” oleh Times Higher Education.

Tsinghua University, China
Peking University, China
National University of Singapore, Singapura
Nanyang Technological University, Singapura
University of Tokyo, Jepang
University of Hong Kong, Hong Kong
Shanghai Jiao Tong University, China
Fudan University, China
Zhejiang University, China
Chinese University of Hong Kong, Hong Kong.

(Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru