Minggu, 14 Juli 2024

SIAPA DALANGNYA…? Rusia Kecam Pembunuhan Mantan PM Jepang: Barbar dan Mengerikan

JAKARTA – Para pejabat Rusia bergabung dengan para pemimpin dari seluruh dunia mengungkapkan keterkejutan atas terbunuhnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada hari Jumat (8/7).

VIRAL ! Penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe:

Abe meninggal pada usia 67 tahun setelah ditembak di sebuah acara kampanye di kota Nara selatan-tengah di luar Osaka, sebagaimana dilaporkan penyiar NHK Jepang. Seorang tersangka yang diidentifikasi oleh media lokal sebagai mantan anggota angkatan laut Jepang telah ditahan.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, hubungan Rusia-Jepang, belakangan mandek karena upaya gagal untuk menuntaskan perjanjian damai pasca-Perang Dunia II, karena perselisihan atas pulau-pulau Pasifik yang dikuasai Moskow, dan semakin tegang oleh invasi Rusia ke negara tetangga Ukraina.

Mantan PM Jepang, Shinzo Abe tergeletak seketika setelah penembakan. (Ist)

Tokyo telah bergabung dengan sanksi Barat terhadap Rusia setelah 24 Februari, sementara Moskow melarang masuknya puluhan politisi dan jurnalis Jepang sebagai pembalasan.

Berikut anggota parlemen dan diplomat Rusia bereaksi terhadap penembakan Abe sebelum dia dinyatakan meninggal dirangkum Themoscowtimes, Jumat (8/7):

— Juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova:

“Kami yakin bahwa mereka yang merencanakan dan melakukan kejahatan mengerikan ini akan bertanggung jawab atas tindakan terorisme ini, yang tidak ada pembenaran dan alasan.”

Seseorang diduga pelaku penembakan PM Shinzo Abe seketika diringkus petugas. (Ist)

— Mikhail Galuzin, Duta Besar Rusia untuk Tokyo: 

“Kami berdoa untuk kesehatan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kami mengutuk keras upaya pembunuhan biadab terhadapnya.”

— Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov :

“Saya belajar tentang [penembakan Abe] selama pertemuan G20 [di Indonesia]. Saya adalah orang pertama yang memulai pidato saya dengan menyampaikan belasungkawa kepada rekan Jepang saya. Mungkin akan ada penyelidikan.”

— Konstantin Kosachev, ketua majelis tinggi parlemen Rusia Komite Urusan Luar Negeri :

“Berita buruk dari Jepang. Sebagai perdana menteri, Shinzo Abe secara pribadi mengawasi proyek multi-tahun dan sangat efektif kerja sama antarwilayah, melalui majelis tinggi parlemen Rusia dan Jepang.” (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru