Sabtu, 22 Juni 2024

Wantimpres Prioritaskan Penyelesaian Masalah Bidan PTT

JAKARTA- Perwakilan Forum Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT Pusat) Indonesia, dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, DIY, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepri, Riau, Aceh, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, didampingi Mantan Menteri Kesehatan RI (2004-2009) yang juga Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI (periode 2009-2014) Siti Fadilah Supari, beraudiensi dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Republik Indonesia (periode 2014-2019), Malik Fadjar.

Dalam kesempatan itu, Lilik Dian Ekasari (Ketua Umum Forum Bidan PTT Indonesia) menyampaikan persoalan mendasar tentang diskriminasi dan pandangannya agar Bidan PTT Pusat saat ini dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, masa pengabdian Bidan PTT sudah sembilan tahun belum diangkat menjadi PNS. Sehingga dapat terakomodir di dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 6 a dan Pasal (7) ayat (1) PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf a merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional.

Selain menyampaikan harapan dan dukungan dari Wantimpres, Lilik juga menyerahkan data rill keanggotaan Bidan PTT yang tergabung dalaam wadah aspirasi dan perjuangan Forum Bidan PTT (Pusat) Indonesia, serta kajian masalah, dan surat rekomendasi dari sejumlah Kepala Daerah yang mendukung kebutuhan Bidan Desa di daerah tempat dinas aktif mereka, untuk menjadi PNS.

“Kami Bidan Desa, PTT Pusat saat ini, berharap kepada Bapak Malik Fadjar dan Dewan Pertimbangan Presiden dapat menyampaikan penyelesaian masalah Bidan PTT ini kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo”, ujar Lilik, melalui rilis yang diterima redaksi bergelora.com di Jakarta, Kamis (19/2)

Sementara itu Mantan Menkes Siti Fadilah meminta agar Wantimpres membantu menyelesaikan persoalan bidan PTT ini.

“Mohon Bapak Malik Fadjar, dapat membantu menyelesaikan masalah ini, dan mempertimbangkan, agar ada kepastian kerja menjadi PNS, terhadap anak-anakku ini, bidan yang mencintai rakyat, dan sudah berbakti selama ini. Dahulu ketika saya jadi Menteri Kesehatan, saya pernah merekomendasikan dan betul-betul mengangkat Bidan PTT menjadi PNS. Tetapi yang sekarang ini, belum ada kepastian untuk menjadi PNS,” terang Siti Fadilah Supari.

Menanggapi Bidan PTT, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Malik Fadjar, telah memahami apa yang menjadi substansi permasalah para Bidan PTT. dan akan memperjuangkan permasalahan ini agar mendapatkan penyelesaian, dan menjadikan prioritas sesuai peran dan fungsi Wantimpres. (Eka Pangulimara)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru