Jumat, 19 April 2024

Bravo! Bakamla Selamatkan ABK & Penumpang Kapal Terbakar, KM Tawindo II

KM Tawindo II terbakar (Ist)

TANJUNG AHUS- Sebuah kapal penumpang bernama KM Tawindo II terbakar. Mengetahui informasi tersebut dengan sigap KAL Bokori yang sedang tergabung dalam Operasi Patroli Bakamla RI segera menuju lokasi kejadian dan melakukan upaya Search And Rescue (SAR), para ABK beserta 80 penumpang berhasil diselamatkan, di Perairan Tanjung Ahus, Kalimantan Timur, Sabtu (1/7).

Informasi tentang kebakaran yang menimpa KM Tawindo II ini diperoleh dari tindakan cepat crew kapal yang segera menghubungi dan meminta bantuan dari Nunukan maupun Tarakan.

Lantamal XIII Tarakan yang menerima informasi kejadian kecelakaan itu segera menghubungi KAL Bokori yang pada saat itu sedang melaksanakan operasi rutin Bakamla RI. Selanjutnya kapal yang dikomandani oleh Letda Laut (P) Aris Yuwono segera melaksanakan SAR terhadap KM Tawindo II. Kapal tiba pukul 16.00 WITA di lokasi kejadian dan berhasil melaksanakan evakuasi terhadap seluruh ABK dan penumpang ke KM Dua Putra dalam keadaan selamat. 

Kepada Bergelora.com dilaporkan, berdasarkan informasi yang diperoleh, kebakaran itu sendiri terjadi sekira pukul 13.15 WITA pada kamar mesin kapal. Si jago merah melalap mesin induk sebelah kiri pada saat kapal yang dinakhkodai oleh Mansur itu dalam perjalanan melintasi Perairan Tanjung Ahus (Karang Banda) dari Tawau menuju Tarakan, Jumat (30/6). Mengetahui hal itu kapal segera melakukan lego jangkar dan upaya pemadaman.

Karena kejadian tersebut, kondisi mesin kapal rusak cukup parah sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Selanjutnya para awak kapal dan penumpang dievakuasi menggunakan KM Dua Putra untuk melanjutkan perjalanan ke Tarakan. (Kapten Marinir Mardiono)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru