Rabu, 12 Juni 2024

6 PROYEK MASIH DI JAWA..! Pemerintah Tetapkan 16 PSN Baru, Disebut Tak Butuh APBN

JAKARTA – Pemerintah menambah 16 proyek strategis nasional (PSN) baru yang terdiri dari 14 proyek dan dua program. PSN baru ini akan lanjut dikerjakan oleh pemerintahan baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sumber pendanaan PSN-PSN baru ini berasal dari pihak swasta menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Itu artinya proyek-proyek ini pelaksanaannya tidak membutuhkan APBN. Meskipun, kata Airlangga, 16 PSN ini memiliki nilai investasi yang tidak kecil.

“Dalam rapat yang lalu kita sudah sepakati ada 16 PSN baru yang kriterianya tidak membutuhkan APBN,” ujarnya di Jakata, Selasa (14/5/2024).

Namun demikian, pemerintah perlu memberikan sejumlah fasilitas untuk mempercepat penyelesaian proyek-proyek ini agar swasta berminat berinvestasi di 16 PSN ini.

“Kalau tidak pakai APBN berarti yang dibutuhkan adalah percepatan perizinan, fasilitas terkait lahan, juga terkait dengan fasilitasi agar pembiayaannya bisa lebih cepat,” ucapnya.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan sebelumnya Airlangga sempat menyebut ada 14 PSN baru yang ditetapkan pemerintah dalam rapat internal yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 18 Maret 2024. Berarti pemerintah menambah 2 PSN baru lagi sekarang sehingga totalnya kini menjadi 16 PSN.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengungkapkan, 2 PSN baru yang ditambahkan ini berbentuk program, yaitu program sistem bayar tol tanpa henti (MLFF) dan program integrasi dua operator bandara yakni PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) di bawah Holding BUMN InJourney.

“Jadi hasil ratas yang di bulan Maret, tambah 2 lagi, jadi total ada 16 project dan program,” kata Susi di saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Dengan demikian, 16 PSN baru yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu: 1. Pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Concept. 2. Pengembangan Kawasan Industri Wiraraja Pulau Galang. 3. Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai Kalimantan Timur. 4. Pengembangan Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate Sulawesi Tengah. 5. Kawasan Industri Patimban Industrial Estate Subang. 6. Pengembangan Kawasan Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara. 7. Pengembangan Kawasan Industri Kolaka Resource, Sulawesi Tenggara. 8. Pengembangan Kawasan Industri Stargate Astra, Sulawesi Tenggara. 9. Pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Water Front. 10. Pengembangan Kawasan Neo Energy Morowali, Sulawesi Tengah. 11. Pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD). 12. Pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau. 13. Pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II Jakarta Utara. 14. Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung 15. Pengembangan Teknologi MLFF di Jalan Tol. 16. Program Integrasi Dua Operator Bandara di bawah Holding BUMN InJourney. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru