Kamis, 13 Juni 2024

AWAS CIIINS…! Uang Bisa Jadi Sumber Penularan Covid-19

Ilustrasi uang penyebar Covid-19. (Ist)

JAKARTA- Uang menjadi salah satu barang berharga yang paling dicari orang. Namun benda yang satu ini nyatanya juga bisa menjadi media penularan penyakit yang cukup besar bagi manusia.

 
Oleh sebab itu selama masa pandemi Covid-19 seseorang harus berhati-hati apabila bertransaksi baik menggunakan uang kertas maupun uang logam. Dirangkum dari Instagram Tim Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Kamis (18/2) berikut faktanya.
 
Menurut World Health Organization (WHO) sampai saat ini belum ada bukti yang mengonfirmasi bahwa uang kertas dan koin bisa menularkan virus Covid-19. Meski demikian benda ini bisa saja menjadi media penular Covid-19.
 
“Uang sering berpindah tangan dan dapat membawa semua jenis bakteri dan virus. Kami menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas, dan menghindari menyentuh wajah mereka,” tulis WHO dalam keterangannya.
 
Sebab percikan liur (droplet) yang keluar dari orang yang terinfeksi dapat menempel di permukaan uang atau segala jenis benda mati.
 
Alhasil rajin mencuci tangan setelah menyentuh apapun termasuk uang, menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sangat dianjurkan apabila belum membersihkan tangan.
 
Kepada Bergelora.com dilaporkan, Guardian menyebutkan uang memang dapat membawa virus corona. Tapi risikonya cukup kecil. Jangan terlalu khawatir tentang uang logam. Sebab koin sebenarnya adalah lingkungan yang sangat buruk bagi virus untuk bertahan hidup.
 
Tapi, yang lebih berbahaya dari uang adalah gagang pintu atau pegangan lainnya juga bisa menularkan virus Covid-19. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat menyentuh benda-benda tersebut. Sering-seringlah mencuci tangan untuk mengatasinya.
 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru