Sabtu, 25 Mei 2024

EROPA BISA RONTOK..! Ukraina Khawatir Putin Bersiap Hadapi Perang Panjang Usai Reshuffle Menhan

KYIV – Presiden Rusia Vladimir Putin mengganti (reshuffle) Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu. Ukraina menilai Putin tengah bersiap menghadapi perang panjang dengan barat.

Dilansir AFP, Selasa (14/5/2024), perombakan aparat keamanan Rusia menunjukkan Kremlin sedang mempersiapkan perang panjang di Ukraina dan kebuntuan dengan Barat, kata Kepala Dewan keamanan Kyiv yang baru, Oleksandr Lytvynenko.

“Ini menunjukkan bahwa Putin merencanakan perang untuk jangka waktu yang panjang, dan perang tidak hanya dengan Ukraina, tetapi juga dengan Barat secara keseluruhan – perang dengan NATO,” kata Lytvynenko.

Seperti diketahui, Sergei Shoigu dicopot dari posisi Menhan. Posisi Menhan diisi oleh dan ekonom Andrey Belousov sebagai penggantinya.

Dikutip dari AFP, Minggu (12/5/2024), Putin juga menerbitkan dekrit yang menunjuk Shoigu sebagai sekretaris baru Dewan Keamanan, menggantikan Nikolai Patrushev.

Langkah ini dilakukan pada saat penting dalam konflik dengan pasukan Rusia yang bergerak maju di Ukraina timur dan baru saja melancarkan operasi darat besar-besaran terhadap wilayah timur laut Kharkiv.

Kepada Bergelora,com di Jakarta dilaporkan, meskipun terjadi serangkaian kemunduran militer pada tahun pertama kampanye tersebut – termasuk kegagalan merebut ibu kota Ukraina, Kyiv, dan mundurnya pasukan dari Kharkiv dan wilayah selatan Kherson – Putin tetap mendukung Shoigu hingga sekarang.

Termasuk ketika ketua paramiliter Wagner Yevgeny Prigozhin melancarkan pemberontakan berdarah tahun lalu yang menyerukan pemecatan Shoigu.

Menjelaskan waktu keputusan tersebut, Kremlin pada hari Minggu mengatakan pihaknya memerlukan kementerian pertahanan untuk tetap “inovatif”.

“Kementerian Pertahanan harus benar-benar terbuka terhadap inovasi, terhadap pengenalan semua gagasan maju, terhadap penciptaan kondisi untuk daya saing ekonomi,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dalam penjelasan media pemerintah mengenai penunjukan tersebut.

“Medan perang dimenangkan oleh siapa pun yang lebih terbuka terhadap inovasi,” kata Peskov.

“Itulah sebabnya presiden memutuskan untuk mencalonkan Andrey Belousov,” tambahnya.

Belousov, yang tidak memiliki latar belakang militer, telah menjadi salah satu penasihat ekonomi Putin yang paling berpengaruh selama dekade terakhir. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru