Selasa, 21 Mei 2024

GAWAT BANGET NIH..! 2.716 Dokter Alami Gejala Depresi, Paling Banyak Menimpa Calon Dokter Anak

JAKARTA Hasil skrining kesehatan jiwa program pendidikan dokter spesialis (PPDS) menunjukkan bahwa ada 2.716 calon dokter spesialis yang mengalami gejala depresi dan pikiran untuk mengakhiri hidup.

Angka 2.716 atau 22,4 persen ini datang dari calon dokter yang sedang menempuh berbagai pendidikan spesialisasi. Dengan rincian terbanyak ditemukan pada calon dokter spesialis yang sedang menjalani:

  • Pendidikan spesialis 1 anak: 381 (14 persen).
  • Pendidikan spesialis 1 penyakit dalam: 350 (12.9 persen).
  • Anestesiologi: 248 (9,1 persen).
  • Neurologi: 164 (6 persen).
  • Obgyn: 153 (5,6 persen).

Rincian Tingkat Gejala Depresi PPDS

Sementara, rincian tingkat depresi dari 22,4 persen PPDS yang bergejala yakni:

  • Sebanyak 0,6 persen di antaranya mengalami gejala depresi berat.
  • Sebanyak 1,5 persen dengan depresi sedang-berat.
  • Sebanyak 4 persen depresi sedang.
  • Sebanyak 16,3 persen dengan gejala depresi ringan.

Bahkan, sekitar tiga persen di antaranya mengaku merasa lebih baik mengakhiri hidup atau ingin melukai diri sendiri dengan berbagai cara, seperti mengutip unggahan Instagram @pandemictalks, Selasa, 16 April 2024.

Sebelumnya, disampaikan bahwa skrining depresi dilakukan Kementerian Kesehatan pada total 12.121 calon dokter spesialis per 21, 22, dan 24 Maret 2024.

Penapisan dilakukan di 28 rumah sakit vertikal menggunakan kuesioner Patient Health Questionnaire-9 atau PHQ-9.

Rumah Sakit dengan PPDS Gejala Depresi Terbanyak

Laporan Kemenkes RI turut menunjukkan rincian rumah sakit penyelenggara PPDS dengan calon dokter spesialis yang mengalami depresi terbanyak.

Dari 22,4 persen calon dokter spesialis yang mengalami depresi, terbanyak ditemukan di:

  • Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM): 614 (22,6 persen).
  • Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS): 350 (12,9 persen).
  • RS Sardjito: 326 (12 persen).
  • RS Ngoerah: 284 (10,5 persen).
  • RSUP Wahidin Sudirohusodo: 240 (8,8 persen).

PPDS Alami Gejala Depresi, 4 Hal yang Perlu Jadi Perhatian

Hasil skrining kesehatan jiwa program pendidikan dokter spesialis (PPDS) menunjukkan bahwa ada 2.716 calon dokter spesialis yang mengalami gejala depresi.
Hasil skrining kesehatan jiwa program pendidikan dokter spesialis (PPDS) menunjukkan bahwa ada 2.716 calon dokter spesialis yang mengalami gejala depresi. (Ist)

Kepada Bergelora.com di Jakarra dilaporkan, hasil skrining ini mendapat tanggapan dari dokter senior yakni Prof. Tjandra Yoga Aditama.

“Sehubungan data Kementerian Kesehatan tentang depresi (bahkan ada keinginan bunuh diri dan lain-lain) pada Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di RS Vertikal Kemenkes yang banyak dapat komentar kalangan kesehatan dan pendidikan, maka setidaknya ada empat hal yang perlu jadi perhatian,” kata Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI kepada pers lewat pesan tertulis, Selasa (16/4/2024).

Skrining Pembanding pada Peserta Pendidikan Lain

Pertama, kata Tjandra, akan baik kalau ada pembanding. Maksudnya, metode yang sama dilakukan juga pada para peserta pendidikan yang lain.

“Mungkin termasuk STPDN (sekolah tinggi pemerintahan dalam negeri), universitas ternama dengan mutu pendidikan yang tinggi. Kalau ada pembanding maka kita tahu apakah tingginya angka depresi memang hanya pada peserta program pendidikan dokter spesialis atau memang dunia pendidikan pada umumnya.”


Skrining Depresi pada Masyarakat Umum

Hasil Skrining Kesehatan Jiwa PPDS, Calon Dokter Spesialis Anak Paling Banyak Alami Gejala Depresi (Foto: Istimewa)
Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Ist)

Kedua, lanjut Tjandra, bahkan akan baik kalau metode penilaian depresi yang sama juga dilakukan pada masyarakat umum.

Berita tentang tekanan ekonomi dan sosial di masyarakat mungkin akan memberi gambaran depresi pula. Dan bukan tidak mungkin data pada peserta program pendidikan dokter spesialis adalah menggambarkan data pada populasi secara umum.


Analisis Kualitatif

Ketiga, dengan ditemukannya gambaran depresi seperti hasil evaluasi Kementerian Kesehatan ini, tentu tidak dan jangan berhenti dengan angka deskriptif, perlu dilakukan analisa kualitatif untuk melihat faktor penyebabnya.

“Analisa kualitatif dan rinci ini amat penting agar masalah yang ada dapat terlihat secara gamblang, apa hal utama, apa penunjangnya, apa faktor lain terkait dan lain-lain. Dengan melakukan hal pertama, kedua dan ketiga ini maka baru kita akan dapat suatu data yang ‘evidence based’ untuk keputusan tindak lanjutnya.”

Perlu Ditangani Segera

Keempat, untuk mereka yang depresi maka tentu perlu ditangani segera. Kalau depresi ternyata juga terjadi di berbagai Program Pendidikan lain, atau bahkan masyarakat umum, maka bukan tidak mungkin perlu program pengatasan depresi yang lebih luas lagi, tutup Tjandra. (Web Warouw)

 

Perawat mengecek saturasi oksigen pasien Demam Berdarah Dengue di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamansari, Jakarta Barat, Kamis (28/3/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 

 

 

 

 

Striker Bayern Munchen, Harry Kane saat dikawal bek Arsenal, William Saliba di perempat final Liga Champions, Rabu (10/4/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Frank Augstein)

 

Leg kedua perempat final Liga Champions antara Manchester City melawan Real Madrid akan berlangsung di Etihad Stadium dan menjadi penentu keberhasilan untuk berlaga di fase berikutnya. (JAVIER SORIANO/AFP)

 

 

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Rafael William Struick setelah mencetak gol ke gawang Chinese Taipei U-23 dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

 

Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Arab Saudi dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024 di Stadioon The Seven, Dubai, Emirat Arab, Sabtu (6/4/2024) dini hari WIB. (Bola.com/Dok. PSSI)

 

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner. (Bola.com/Dok.Instagram/Justin Hubner).

 

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menurunkan beberapa pemain andalannya di skuad senior seperti Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Ramadhan Sananta. (Dok. PSSI)

 

 

Akibat kecelakaan tersebut sembilan orang meninggal dunia, sementara dua lainnya luka berat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 

Pemudik saat berada di atas kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Sabtu (30/4/2022) dini hari. Berdasarkan data PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) cabang Merak, tercatat hingga Jumat (29/4) sebanyak 112.608 orang melakukan perjalanan mudik di Pelabuhan Merak. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

 

Mobil Keluar dari Kapal di Pelabuhan Merak. (Senin, 08/04/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

 

Meme kocak arus balik mudik (sumber: 1cak.com)

 

Antrean kendaraan sesaat jelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi di SPBU Kawasan Jalan Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). Pemerintah resmi menaikkan harga BBM Bersubsidi pada Sabtu (3/9) pukul 14.30 WIB. Harga BBM Subsidi jenis Pertalite naik dari Rp 7650 ke Rp 10.000,- dan Pertamax dari Rp 12.500 ke Rp 14.500,-(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

 

Penumpang turun dari kereta api jarak jauh setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (9/5/2022). PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkapkan gelombang arus balik pemudik pada H+7 Lebaran 2022 terpantau masih tinggi. Tercatat sebanyak 40.800 penumpang tiba pada hari Senin ini dikarenakan penundaan waktu sekolah dan pelaksanaan Work From (WFH). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

 

 

Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/atlascompany

 

Bendera Israel berkibar di dekat Gerbang Jaffa di Kota Tua Yerusalem (20/3). Gerbang Jaffa adalah sebuah portal yang dibuat dari batu yang berada dalam deret tembok bersejarah Kota Lama Yerusalem. (AFP Photo/Thomas Coex)

 

Rapat Kementerian BUMN dan Komisi VI DPR RI membahas pagu anggaran dan rencana kerja anggaran Kementerian BUMN tahun 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Istana Wapres, Rabu (17/04/2024). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

 

Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan paparan dalam rapat dengan Panitia Kerja (Panja) DPR RI untuk skandal di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/1/2020). Erick Thohir diundang untuk membahas penyelesaian sengkarut Jiwasraya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

 

Menteri BUMN Erick Thohir mengumpulkan 42 direksi dari lembaga-lembaga dana pensiun (Dapen) di lingungan BUMN. (Dok Kementerian BUMN)

 

Pemain Madura United, Malik Risaldi (kanan), merayakan gol setelah mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (19/8/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Striker Persija Jakarta, Marko Simic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Dewa United bersama rekan setimnya, Rayhan Hannan, dalam laga pekan ke-27 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (2/3/2024). (Bola.com/Dok. Media Persija)

 

Hugo Gomes dos Santos Silva atau dikenal dengan nama Jaja, menjadi salah satu rekrutan tersukses Madura United pada musim ini. Selain hebat di lini tengah, pemain asal Brasil itu juga menjadi sumber gol bagi Laskar Sape Kerrab, yaitu 10 gol dan 5 assist pada musim ini. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Ekspresi pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius (kanan), saat melawan Persita Tangerang dalam pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (8/7/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

 

Pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri berusaha mengontrol bola saat laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023 antara Dewa United FC melawan PSM Makassar di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Kamis (15/9/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Pemain Dewa United, Ricky Kambuaya menggiring bola saat laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 antara Dewa United melawan Persebaya Surabaya di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (30/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru