Senin, 15 Juli 2024

HOROR BANGET..! Imbas Insiden Lion, Kepercayaan RI Terhadap Boeing Kian Memburuk, Roda Pesawat Jatuh Saat Terbang

JAKARTA – Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) Alvin Lie mengatakan persepsi publik di Indonesia terhadap keselamatan pesawat Boeing sudah sangat memburuk.

Hal itu terjadi utamanya sejak kecelakaan seri 737 Max yang jatuh di Indonesia (Lion Air) dan Ethiophia (Ethiopian Airlines) masing-masing pada 2018 dan 2019, serta insiden copot pintu pesawat Boeing milik Alaska Airlines di udara pada Januari 2024.

“Butuh waktu lama dan upaya sungguh-sungguh dari Boeing untuk meyakinkan dan mengembalikan kepercayaan publik [atas dua insiden tersebut],” jelas Alvin kepada Bloomberg Technoz, dikutip Bergelora. Kamis (11/7/2024).

Memang, kata Alvin, Boeing menyatakan bersedia membayar denda sebesar US$243,6 juta sembari menunggu putusan akhir pengadilan atas kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Airlines.

Akan tetapi, lanjutnya, dampak langsung yang mungkin akan dirasakan oleh Boeing atas kasus ini adalah kemungkinan pabrikan jet tersebut akan dicoret sebagai vendor Pemerintah Amerika Serikat (AS), termasuk sebagai pemasok pesawat militer.

Horor, Roda Boeing Jatuh saat Terbang

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, sebuah roda jatuh dari Boeing 757-200 United Airlines beberapa saat setelah penerbangan lepas landas pada Senin pagi. Insiden mengerikan ini mirip dengan kejadian pada bulan Maret.

Video yang diambil oleh RadarBox menunjukkan roda terlepas dari bagian bawah pesawat dan jatuh ke tanah beberapa detik setelah penerbangan lepas landas.

Mengutip New York Post, Selasa (9/7/2024), United Airlines mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah roda jatuh dari pesawat ketika Penerbangan 1001 berangkat dari Bandara Internasional Los Angeles sekitar pukul 07.00 pagi dalam perjalanan ke Denver.

Penerbangan tersebut mendarat dengan selamat di Denver sekitar tiga jam kemudian, dan tidak satu pun dari 181 orang di dalamnya—174 penumpang dan tujuh awak pesawat—terluka.

Pihak juru bicara United Airlines mengatakan roda tersebut kemudian ditemukan di Los Angeles, dan pihaknya sedang menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Belum diketahui apakah insiden itu menyebabkan kerusakan di darat. Insiden ini sangat mirip dengan kejadian menakutkan lainnya pada bulan Maret ketika sebuah Boeing 777-200 tujuan Osaka, Jepang, yang membawa 249 orang kehilangan rodanya setelah lepas landas dari San Francisco.

Penerbangan bulan Maret itu dialihkan ke LAX dan mendarat dengan selamat dan tanpa cedera. Roda yang jatuh itu merusak parah beberapa kendaraan di tempat parkir bandara.

Video lepas landas bulan Maret tersebut, yang juga diambil oleh RadarBox, hampir tidak dapat dibedakan dari rekaman video hari Senin.

Reputasi Boeing terpuruk setelah bertahun-tahun menghadapi investigasi Kongres, tuntutan hukum, dan kesaksian whistleblower yang menuduh raksasa kedirgantaraan AS tersebut secara rutin mengabaikan peraturan keselamatan demi memaksimalkan keuntungan.

Baru minggu ini Boeing mengaku bersalah atas penipuan kriminal yang berasal dari dua kecelakaan mematikan pesawat jet 737 MAX, sebuah kesepakatan yang ditawarkan oleh jaksa federal yang memungkinkan perusahaan tersebut menghindari persidangan atas tuduhan kejahatan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru