Senin, 15 April 2024

JANGAN ADA YANG SOMBONG LAGI..! Andi Arief Prediksi Nasib Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di 2029: Introspeksi!

JAKARTA – Hasil Pemilu 2024 sudah ditetapkan KPU dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menjadi pemenangnya. PDIP masih menjadi juara di Pileg 2024. Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief sudah menerawang peta politik 2029 mengacu kepada hasil 2024.

Ada beberapa nama yang nasibnya diprediksi Andi Arief, mulai dari Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, politikus PDIP Ganjar Pranowo hingga Anies Baswedan.

“AHY, Ketua Partai termuda dalam Pemilu yang mampu mendapat dukungan rakyat lebih dari 11 juta. Untuk sementara demikian.

Mungkin Cak Imin juga relatif muda saat memimpin pernah partainya (PKB) tembus di atas 10 juta,” kata Andi Arief dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024).

Andi Arief menyebut Anies Baswedan saat ini masih berusia 54 tahun. Dia pun menyarankan Anies membuat partai baru untuk bersaing di 2029 sebelum nyapres pada usia di atas 65 tahun.

“Usia Anies Baswedan saat ini 54 tahun. Pada tahun 2029 masih di bawah 60 tahun. Masih sempat untuk mendirikan partai politik, untuk bersaing dalam Pileg mendatang, lalu bersaing di usia 65 tahun pilpres. Sedangkan Cak Imin sudah punya modal 11 persenan untuk bersaing di 2029,” kata Andi Arief.

Ganjar, kata Andi Arief, bisa berlaga lagi di 2029. Namun, kata dia, PDIP selaku partai yang menaungi Ganjar haruslah berkoalisi karena perolehan suara tidak sampai 20 persen alias tidak memegang tiket emas memajukan sendiri capresnya seperti 2024.

“Bagaimana dengan Ganjar Pranowo? Masih bisa bersaing di 2029, namun dalam kondisi berbeda dengan 2024. PDIP sudah tak bisa mencalonkan sendiri. Daya tawar Ganjar melemah,” kata Andi Arief.

“Kita tidak akan menemui lagi partai yang sombong. Partai yang sekjennya Hasto bilang tidak akan bekerja sama dengan PKS dan Demokrat. Kalau masih sombong, nanti bisa-bisa nggak dapat koalisi di 2029. Kekuatan 17 persen harus membuat introspeksi besar,” imbuhnya.

Andi Arief menyebut dinamika menuju 2029 akan sangat menarik untuk disimak. Dia menyebut partai-partai akan saling bergantung dan tidak ada yang merasa dominan sendiri.

“Menurut saya, sistem politik dan kepartaian sampai 2029 akan menarik, karena partai-partai saling membutuhkan untuk membangun kepentingan bersama di 2029. Tidak ada yang dominan dan merasa kuat sendiri. Mudah-mudahan tetap memprioritaskan mengurus rakyat,” kata Andi Arief. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru