Senin, 22 Juli 2024

JANGAN DIBIARIN NIH…! Dr. Connie Rahakundini, Provokasi di Taiwan Untuk Mengaktifkan AUKUS: Membahayakan Kawasan LCS dan Asia Tenggara

JAKARTA- Povokasi Amerika Serikat terhadap China dengan membiarkan Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan sangat membahayakan kawasan Laut China Selatan dan Asia Tenggara. Hal ini ditegaskan pakar pertahanan dan intelejen, Dr. Connie Rahakundini Bakrie kepada Bergelora.com di Jakarta, Jumat (5/8).

VIRAL Pernyataan Connie Rahakundini Soal Taiwan:

“Kalau China terpancing, maka akan menjadi alasan untuk meningkatkan konsolidasi AUKUS yang sedang dilakukan di kawasan ini. Jadi Aliansi militer baru antara Amerika, Australia dan Inggris akan ada alasan untuk masuk ke Laut China Selatan, seperti NATO masuk ke Ukraina,” ujarnya.

Connie sepakat dengan pernyataan Menteri Luar Negeri China yang mengatakan ini adalah pelanggaran serius terhadap One China Policy.

“Our China Policy bagi China dan Amerika sudah jelas adalah mengakui hanya ada satu China yang beradulat yaitu Republik Rakyat China dan Taiwan adalah bagian di dalamnya,” ujarnya.

Tindakan Amerika mengabaikan larangan Beijing agar Pelosi tidak masuk ke Taiwan sudah bisa dianggap melanggar kedaulatan China atas Taiwan dan bisa dikatakan mendukung separatisme,” jelas Connie yang pernah sekolah di Amerika dan di Taiwan.

Connie mengingatkan, kalau Indonesia mendukung dan membiarkan tindakan Amerika terhadap Taiwan maka suatu saat Amerika akan melakukan hal serupa dengan mendukung Papua lepas dari Indonesia.

“Seperti pada Taiwan, tanpa eskalasi apapun, Amerika intervensi membiarkan Pelosi masuk ke Taiwan. Ini bisa dilakukan juga di Papua Ingat ya beberpaa aliansi militer sudah disiapkan Amerika di kawasan kita. Ada AUKUS, ada THE QUAD dan lainnya,” ujarnya.

Kalau dibiarkan menurut Connie, keributan di Eropa akan digeser ke Indo Pacific. Kalau ini terjadi maka isu Laut China Selatan akan meletus dengan cepat.

“Kalau ini terjadi saya yakin betul China akan mengambil langkah seperti di Laut China Timur dengan melakukan ADIS. Ini pasti akan memecah Asean,” ujarnya.

Jadi Connie menegaskan, pelanggaran One China Policy oleh Amerika akan membawa dampak parah pada keamanan, kestabilan dan kesahteraan di kawasan kita.

“Kawasan kita ini sebelumnya baik-baik saja. Indonesia sebagai negara yang terbesar di Asean harus mampu bersikap tegas. Kalau Presiden Soekarno tahun 60-an bisa mengatakan Go To Hell Amerika, hari ini kita harus melakukan hal yang sama,” tegas Connie.

Connie mengingatkan kalau Amerika dibiarkan terus menerus menggunakan Taiwan mengganggu China keadaan akan semakin memperburuk kawasan.

“Kita sudah dengar pernyataan Putin kepada Xi Jinping, Rusia akan mendukung penuh China jika Amerika menggunakam Taiwan seperti Ukraina,” paparnya. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru