Minggu, 14 Juli 2024

KEREN BANGET NIH..! RI Ajak Negara di ASEAN Tinggalkan Dolar AS: Semua Sepakat!

JAKARTA – Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) berkomitmen, penggunaan mata uang lokal pada transaksi lintas batas yang lebih luas dari cakupan perdagangan dan investasi langsung (direct investment).
Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (25/8/2023)

“Pemimpin ASEAN sudah dukung dan komitmen memperluas transaksi seperti ini ini upaya yang sudah disepakati Menkeu dan bisa untuk lakukan ini di 3 bidang yaitu transaksi mata uang lokal untuk fasilitasi perdagangan dan investasi kedua transaksi mata uang lokal dan pembayaran lintas batas,” jelasnya.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand sudah mengawali komitmen tersebut dengan penguatan kerja sama. Keikutsertaan negara lain akan menjadi upaya peningkatan ketahanan perekonomian kawasan.

“Kami undang negara anggota ASEAN gabung tanda tangan dan melaksanakan transaksi lintas batas dengan mata uang lokal ini dukung stabllitas ekonomi dan penanganan masalah global di wilayah, sehingga kita dapat mewujudkan pemulihan yang lebih baik,” papar Perry. (Muff)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru