test
Minggu, 26 Mei 2024

LARI TUNGGANG LANGGANG..! Rusia Merajalela, Ukraina Tarik Pasukan dari Sejumlah Lokasi di Kharkiv

JAKARTA — Militer Ukraina mengakui telah menarik mundur pasukannya dari sejumlah lokasi di utara Kharkiv.

Unit Hostri Kartuzy (Peaky Blinders) Pasukan Pertahanan Ukraina melaporkan bahwa pemukiman-pemukiman di utara Kharkiv telah di bawah kendali pasukan Vladimir Putin.

Peaky Blinders terpaksa meninggalkan Kharkiv utara karena tentara Rusia telah merajalela dan melakukan serangan tanpa henti pada Sabtu (11/5/2024) malam.

Unit Hostri Kartuzy merupakan bagian dari detasemen Pasukan Khusus terpisah Omega dari Garda Nasional Ukraina.

Pada Sabtu malam, Hostri Kartuzy melaporkan bahwa karena serangan besar-besaran oleh Rusia, para pembela Ukraina harus mundur dari posisi tertentu.

“Pada pukul 14.00 (waktu Kyiv), perjuangan untuk pemukiman penting yang strategis di Hlyboke dimulai.

Serdadu Rusia banyak yang mati, namun mereka tetap terus maju dan berhasil menguasai beberapa bidang. Malam ini akan sulit,” kata laporan itu.

“Hari ini, selama pertempuran sengit, para pembela kami terpaksa mundur dari beberapa posisi mereka, dan hari ini, pemukiman lain telah sepenuhnya berada di bawah kendali Rusia. Hingga pukul 20:00, pertempuran untuk desa Hlyboke masih berlangsung,” kata kata para pejuang Ukraina dalam video tersebut.

Proyek DeepState melaporkan bahwa dalam salah satu video yang direkam oleh unit Hostri Kartuzy, konvoi infanteri Rusia terlihat bergerak ke selatan desa Morokhovets.

DeepState juga melaporkan bahwa drone telah melihat kendaraan Rusia di bagian selatan desa Ohirtseve, dekat Vovchansk, yang menunjukkan bahwa Rusia sedang bergerak maju.

Pada malam 11-12 Mei, DeepState menambahkan bahwa Rusia maju ke pemukiman Krasnohorivka dan dekat Volodymyrivka dan merebut Pylne, Krasne, Borysivka, Ohirtseve, dan Pletenivka.

Peta pasukan Rusia terus mendesak Ukraina di wilayah Kharkiv (Ist)

Analisis ISW


Sementara itu Institut Studi Perang (ISW) asal Amerika Serikat melaporkan bahwa Rusia mempunyai beberapa tujuan dalam serangan mereka di Kharkiv.

Rusia menginginkan menarik pasukan Ukraina menjauh dari daerah lain, untuk mencapai jangkauan tembakan artileri ke Kharkiv, untuk menciptakan “zona penyangga” untuk melindungi Belgorod, dan untuk membatasi operasi serangan balasan Ukraina di wilayah tersebut.

Analisis ISW menunjukkan bahwa pasukan Rusia melakukan operasi ofensif yang relatif terbatas di sepanjang perbatasan Rusia-Ukraina di utara Kharkiv dan terus memperoleh keuntungan yang signifikan secara taktis di wilayah yang mungkin kurang dapat dipertahankan.

Pasukan Rusia baru saja merebut lima desa di perbatasan di wilayah Kharkiv, Ukraina pada Sabtu (11/5/2024).

Namun, para analis menunjukkan bahwa jumlah unit Rusia yang dilaporkan terlibat dalam operasi terbatas ini, serta pengelompokan pasukan Rusia yang dikerahkan di sepanjang perbatasan di timur laut Ukraina, menunjukkan bahwa pasukan Rusia saat ini tidak melakukan operasi skala besar untuk mengepung wilayah tersebut atau merebut kota Kharkiv.

ISW memperkirakan pasukan Rusia telah maju setidaknya hingga pinggiran Ohirtseve dan Hatyshche.

Pasukan Rusia baru saja merebut lima desa di perbatasan di wilayah Kharkiv, Ukraina pada Sabtu (11/5/2024). (Ist)

Nazar Voloshyn, juru bicara Kelompok Strategis Operasional Khortytsia, mengatakan bahwa pasukan Rusia berusaha untuk maju di daerah-daerah yang sudah menjadi zona abu-abu yang disengketakan, yang menunjukkan bahwa pasukan Ukraina tidak memegang posisi kuat di banyak kota kecil perbatasan.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, pasukan Rusia kemungkinan akan menghadapi perlawanan yang lebih hebat ketika mereka berusaha untuk maju ke selatan perbatasan dan memasuki kota-kota perbatasan yang lebih besar seperti Lyptsi dan Vovchansk.

Namun, kedekatan Kharkiv dengan perbatasan meningkatkan signifikansi terbatasnya keunggulan taktis pasukan Rusia, karena Rusia tidak perlu maju lebih jauh untuk mulai mengancam Kharkiv dengan penembakan rutin.

Pasukan Rusia dilaporkan melancarkan operasi ofensif di sepanjang perbatasan Rusia-Ukraina di utara Oblast Kharkiv sebelum mereka menyelesaikan kekuatan akhir Kelompok Pasukan Utara yang direncanakan dan sejauh ini hanya mengerahkan sejumlah unit tempur untuk melakukan operasi ofensif di wilayah tersebut.

ISW melaporkan bahwa operasi ofensif Rusia di utara Oblast Kharkiv kemungkinan besar dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian pasukan Ukraina dari bagian lain di garis depan, sehingga memungkinkan Rusia untuk maju ke kota Kharkiv dalam jangkauan tembakan artileri. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru