Jumat, 14 Juni 2024

MERIAH BANGET NIH…! KTT G20: Presiden China Xi Jinping Tiba Di Bali, Disambut Hangat Anak-anak Berpakaian Daerah

NUSA DUA – Presiden China Xi Jinping tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (14/11/2022) sekitar pukul 14.00 Wita untuk menghadiri KTT G20 Indonesia.

Pantauan dari video dari bandara yang disiarkan Media Center G20, Xi Jinping tiba dengan pesawat Air China.

Pesawat tersebut berwarna putih dengan garis biru. Tampak ada bendera China di bagian depan dekat kokpit. Xi Jinping turun disambut oleh tarian khas Bali.

Xi Jinping kemudian disambut anak-anak dengan kostum daerah dan mengibarkan bendera Indonesia serta China.

Ada pula beberapa pria berpakaian adat memainkan alat musik tradisional yang menyambut Xi Jinping turun dari pesawat.

Xi Jinping juga disambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Setelah bercakap sebentar usai turun dari bandara, Xi Jinping langsung memasuki sedan hitam dan diantar keluar bandara, diiringi beberapa mobil lain sebagai pengawal.

Rakyat China Terkesan

Pemerintah dan media China terkesan dengan keramahtamahan masyarakat Indonesia saat menyambut para tamu negara, terutama Presiden China Xi Jinping, beberapa saat setelah mendarat di Bali, Senin.

“People in Bali give warm welcome to Presiden Xi (masyarakat di Bali memberikan sambutan hangat kepada Presiden Xi),” demikian laman berita People’s Daily.

Media berbahasa Inggris tersebut menurunkan tiga foto masyarakat yang berjajar di pinggir jalan menyambut kedatangan Presiden Xi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Foto pertama, warga Bali berbaur dengan warga Nusa Tenggara Barat yang berdiri di pinggir jalan sambil mengibarkan bendera Indonesia dan China berukuran kecil.

Foto kedua, terlihat seorang bocah lelaki berpakaian adat Bali berdiri di samping ibu-ibu yang mengenakan kerudung.

Lalu di foto ketiga terdapat ibu-ibu berpakaian tradisional Maluku berdiri di pinggir jalan sambil membawa bendera kedua negara.

“From the airport to the hotel where Xi and his wife will be staying, locals flocked to the roadside and waved Chinese and Indonesian national flags to express a warm welcome (Dari bandara menuju hotel tempat Xi dan istri akan menginap, penduduk setempat berbondong-bondong ke pinggir jalan dan mengibarkan bendera nasional China dan Indonesia untuk menunjukkan sambutan yang hangat),” demikian siaran pers Kementerian Luar Negeri China (MFA).

Tidak hanya media yang berafiliasi dengan pemerintah China, media-media sosial juga menyoroti kehangatan warga Bali tersebut.

Platform Baidu atau Twitter ala China dan Kuaishou, pesan video pendek, juga tak mau ketinggalan atas fenomena masyarakat Bali tersebut.

“Bali dao dang di min zhongjia dao huanying xi jinping zhuxi daofang (Masyarakat lokal menyambut hangat kedatangan Presiden Xi Jinping),” demikian potongan video yang diunggah di Kuaishou dari Chongyang Xinwen.

“Yu zhu Bali dao G20 feng hui yuan man chenggong (Saya berharap pertemuan G20 Bali berjalan sukses),” kata seorang warganet dari Chongqing mengomentari potongan video tersebut sambil memberikan tanda gambar cinta.

Kurang dari dua jam sejak diunggah, video tersebut telah mendapatkan 39 ribu tanda jempol, 54 ribu share, dan 750 komentar.

Dari sore sampai malam pun, berbagai saluran televisi di China melaporkan kedatangan Xi Jinping di Bali.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Xi sejak terpilih kembali sebagai pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) untuk periode lima tahun yang ketiganya (2022-2027).

Xi Jinping terakhir kali mengunjungi Indonesia pada tahun 2013.

Beberapa saat setelah tiba di Bali, Xi menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Indonesia mencatat sejarah sebagai tempat pertama bagi kedua kepala negara ekononomi terbesar di dunia itu melakukan pertemuan tatap muka.

Sebelum Xi Jinping, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese atau akrab disapa Albo datang terlebih dahulu.
Albo tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai menaiki pesawat VIP Royal Australian Air Force berwarna gelap. Dia disambut Tari Pendet dan ditemani Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno.

Dari pantauan siaran langsung, Albo tampak tersenyum melihat penampilan para penari Tari Pendet.

Setelah itu, Albo memberikan keterangan kepada sejumlah media kemudian meninggalkan bandara menaiki kendaraan yang turut diiringi pengawalan.

Xi Jinping dan Anthony Albanese merupakan salah dua pemimpin negara anggota G20 yang mengonfirmasi hadir. KTT G20 Bali akan digelar pada Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022).

Sambutan Untuk Delegasi Lain

Kepada Bergelora.com di Denpasar.dilaporkan, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendarat di Denpasar pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.50 Wita.

Turun dari pesawat Air Force One berwarna biru putih, Biden disambut Tari Pendet dan masuk mobil diiringi pasukan keamanan oleh sejumlah mobil untuk menuju tempat bermalam

Biden lalu menyatakan kekagumannya terhadap tarian Bali tersebut saat turun dan berjalan kaki.

“Amazing, splendid wonderful. Thank you,” ujar Biden, sebagaimana tertulis dalam rilis yang diterima KOMPAS.com dari Tim Komunikasi dan Media G20.

Para penari yang menyambut kedatangan Biden adalah campuran dari sanggar kabupaten Badung, Denpasar, dan kabupaten-kabupaten di sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kedatangan Biden turut disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno.

Kemudian, Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Senin (14/11/2022). Ia ditemani istrinya, Emine Erdogan.

Erdogan disambut dengan Tari Pendet oleh sejumlah penari. Setelah itu, presiden yang menjabat sejak 2014 itu naik sedan Mercedes-Benz warna hitam dengan bendera Turkiye di depannya.

Mobil yang ditumpangi Erdogan keluar kawasan bandara diiringi mobil-mobil sebagai pengawalan.

Sementara itu, tidak lama setelah pesawat kepresidenan Turkiye mendarat, giliran pesawat kepresidenan Republik Senegal yang tiba.

Kehadiran Presiden Senegal Macky Sall di Bali disambut Menkes RI Budi Gunawan Sadikin dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Sama seperti delegasi dan pemimpin negara lain, kehadiran Macky Sall disambut Tari Pendet. (Ngurah)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru