Selasa, 23 April 2024

DPD Netral Tidak Dukung Capres

JAKARTA- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menegaskan sikap netral terhadap kedua calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2014.

“Perlu saya tegaskan bahwa dalam proses-proses capres DPD RI tetap berposisi atau bersikap netral tak berpihak pada capres mana pun.Karena menurutnya DPD tak punya kewenangan untuk itu,” tegas pimpinan DPD, Laode Ida usai deklarasi Gerakan Renaissance Indonesia di Jakarta, Minggu(8/6) . 

Menurutnya deklarasi beberapa orang anggota DPD yang mendukung salah satu capres tidak bisa dikatakan sebagai dukungan lembaga.

“Sabtu (7/6) sore ada semacam deklarasi dukungan sejumlah anggota DPD untuk salah satu capres 2014 bertempat di Balai Kartini. Kalau itu benar adanya, maka saya perlu menegaskan bahwa itu bukan sikap lembaga DPD RI, melainkan manuver sebagai oknum anggota DPD dengan motif-motif tertentu. Sebab semua itu tak ada legitimasi lembaga, pula tanpa sepengahuan pimpinan DPD,” tegasnya.

Namun menurutnya perlu diingatkan pula, manuver seperti itu bukan mustahil akan berimplikasi negatif bagi peran kelembagaan DPD dalam proses kerja parlemen di masa datang,” ujar.

Soalnya menurutnya, bukan mustahil itu akan secara langsung menjadikan tersinggung pasangan capres lainnya. Padahal kedua capres itu diusung oleh parpol yang masing-masing memiliki basis di parlemen. 

Sementara menurutnya DPD akan terus berinteraksi dengan DPD berikut seluruh fraksi yang ada di dalamnya.

“Maka, jika itu terjadi, DPD RI akan kian sulit memperoleh dukungan politik untuk perkuat kewengannya melalui amandemen.” Ujarnya. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru