Sabtu, 4 Februari 2023

INI BARU MANTAP PUUNG…! Luhut Sikat Utusan Iklim AS: Jangan Ganggu Ekonomi Indonesia

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan pengalamannya saat berdiskusi dengan Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat untuk Urusan Iklim John Kerry, Kamis (19/1).

Cerita itu dibagikan Luhut pada ajang “The Pulling Power of ASEAN” dalam rangkaian World Economic Forum 2023 di Davos, Swiss.

“Saya juga ingin menceritakan sedikit tentang hasil diskusi dengan rekan sejawat dari Amerika Serikat, John Kerry pagi kemarin,” kata Luhut dalam unggahan di Instagram, Jumat.

Menurut dia, Kerry menyampaikan beberapa masukan, yang kemudian direspons bahwa Indonesia terbuka terhadap semua saran dan usulan dari rekan dan sahabat.

“Namun satu hal yang harus kalian perhatikan, yaitu jangan pernah mengganggu pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Luhut lagi. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut saran yang disampaikan oleh Kerry kepada Indonesia.

Kepada Bergelora.com di Jakarra dilaporkan, bagi Luhut, menciptakan lapangan kerja yang luas bagi rakyat Indonesia adalah hal yang mutlak, dan ia juga meyakini negara-negara ASEAN lain memiliki pendapat yang sama.

Meski demikian, ia tak menampik beberapa negara anggota ASEAN memiliki kepentingan nasional masing-masing.

“Kami juga mendorong kekompakan dan solidaritas di antara negara-negara ASEAN, meskipun ini tidak mudah,” ungkap Luhut.

Tahun ini, Indonesia memegang keketuaan ASEAN. RI akan mengangkat tiga isu prioritas di bidang ekonomi yakni recovery and rebuilding, digital economy, dan sustainability sesuai target.

Luhut lalu menyinggung penyelenggara konferensi tingkat tinggi G20 di Bali pada November 2022.

Luhut mengakui mulanya banyak pihak yang pesimis akan kesuksesan dan hasil KTT tersebut. Namun, menurut dia, Indonesia berhasil menyelenggarakan forum ekonomi itu di tengah konflik global yang memanas.

“Jika KTT G20 saja dapat diselenggarakan dengan sukses dan mendapat pujian dari seluruh negara, maka KTT ASEAN 2023 juga dapat mengulangi kesuksesan yang sama,” kata Luhut. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,539PengikutMengikuti
1,070PelangganBerlangganan

Terbaru