Kamis, 22 Februari 2024

Mantan Wapres AS Bela Snowden

WASHINGTON- Edward Snowden mendapatkan jaminan keamanan tertinggi di Amerika setelah mantan Wakil Presiden Al Gorememastikan bahwa pembocoran dokumen-dokumen intelejen yang amat rahasia merupakan sebuah pelayanan yang teramat penting.

Gore menepis tuduhan pengkhianat,  ketika ditanya apakah Snowden seorang pengkhianat atau hanya seorang pengungkap aib (whistleblower). Gore menolak untuk mengatakan Snowden sebagai seorang pengungkap aib tapi istilah itu lebih tepat ketimbang sebagai pengkhianat.

“Ia mengungkap berbagai pelanggaran berat terhadap undang-undang termasuk pelanggaran konstitusi Amerika,–yang lebih berat ketimbang kejahatan yang Snowden lakukan sendiri,”

Snowden, mantan spesialis komputer di dalam CIA dan National Security Agency (NSA), membocorkan berbagai dokumen Amerika dan Inggris kepada media  The Guardian and Washington Post pada Juni tahun lalu. Tindakannya itu memicu perdebatan dunia tentang dunia intelejen dan privasi. Pembocoran informasi yang ia lakukan mendesak perubahan dalam perundang-undangan Amerika dan pukulan bagi kegiatan mata-mata  yang dilakukan oleh pemerintah lewat sebagian besar perusahaan jaringan komunikasi dan internet.

Namun Snowden tetap menjadi tokoh yang kontroversial di Amerika. Dalam jejak pendapat yang dilakukan oleh NBC barusan menunjukkan 24% masyarakat mendukung Snowden dan 34% tidak setuju dengan aksi-aksinya, dengan 40% tidak mau memberikan komentar. Dukungan pada Snowden lebih kuat dikalangan generasi muda, dengan 32% dukungan dan hanya 20% menetangnya, dengan 47% tidak berkomentar. Beberapa anggota konggres Amerika menyambut baik pengungkapan-pengungkapan yang dilakukan Snowden tapi menolak untuk lebih jauh mendukung Snowden yang sedang diburu pemerintah Amerika dan mencari suaka ke Rusia.

Gore, dalam wawancara di sebuah konferensi tehnologi  di Nashville, Tennessee, ketika ditanya apakah Snowden seorang pembocor aib ataukan pengkhianat menpis tegas kedua pilihan tersebut.

“Saya mendengar pertanyaan ini berulang-uldang setiap saat. Seperti kebanyakan orang, saya tidak menempatkan dia pada salah satu katagori tersebut, “

Seorang wartawan memotong. “Lantas, bagaimana anda menilai Snowden sekarang?”

Gore menjawab  bahwa dirinya menolak menyebut Snowden sebagai seorang pengkhianat.

“Saya tidak setuju dengan tuduhan pengkhianat tersebut. Mengapa?  Adalah benar dia melanggar hukum sehingga anda tidak bisa OK terhadapnya.Tapi dia mengungkap berbagai pelanggaran penting terhadap hukum termasuk pelanggaran konstitusi Amerika,–yang lebih berat dari kejahatan yang ia lakukan,” tegasnya.

Berbagai bocoran dokumen yang telah dirilis oleh Snowden menunjukkan kegiatan mata-mata pemeritah yang sangat masif dan luas yang melibatkan perusahaan-perusahaan telekomukasi dan internet.

 “Jadi selain dia melanggar peraturan, tetapi Snowden melakukan pelayanan  penting bagi masyarakat. Karena kita ingin mengetahui sejauh apa semua operasi intelejen itu berkembang,”

Gore meminta pda perusahaan-perusahaan internet agar bekerjasama dengan masyarakat untuk merancang sebuah magna carta digital yang memberikan perlindungan pada kebebasan..

“Mereka harus segera mengkoreksi berbagai pelanggaran yang sudah dilakukan terhadap kebebasan individual dalam melaksanakan usaha bisni,” katanya.

Harapan Snowden untuk pulang ke Amerika tergantung pada perubahan besar pandangan yang mengijinkannya bebas dari hukuman berat.  Para pendukungnya akan menggunakan pandangan Gore untuk membantu Snowden pulang ke Amerika sebagai orang bebas. (The Guardian/Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru