Sabtu, 25 Mei 2024

MENUJU OLYMPIADE PARIS..! Kemenpora Instruksikan Intansi Pemerintah Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

JAKARTA – Pemerintah melalui Kemenpora dan Kemendagri mengintruksikan kepada seluruh instansi pemerintah agar menggelar nonton baraeng (nobar) Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan.

Hal itu dilakukan untuk mengapresiasi dan menunjukan dukungan perjuangan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

“Atas keberhasilan Timnas Indonesia U-23 yang lolos ke babak Semifinal Piala Asia U-23 2024, maka dengan ini Kemenpora RI bersama dengan Kemendagri RI menghimbau dan mengajak kepada seluruh instansi pemerintah di semua tingkatan, baik itu Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia untuk menunjukkan dukungannya dengan melaksanakan Nobar atau Nonton Bareng Timnas Garuda Muda melawan Timnas Uzbekistan,” kata Sekretaris Kemenpora Gunawan Suswantoro.

“Dukungan kita sangat berarti dan menjadi energi dan semangat Garuda Muda berjuang mencetak sejarah baru menuju Final AFC Cup 2024, sekaligus menjadi tiket menuju Olimpiade Paris 2024,” sambungnya.

Kendati demikian, Kemenpora imbau kegiatan nobar tidak untuk kepentingan komersial.

“Sepanjang hal tersebut tidak dikomersialkan dan melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh MNC sebagai pemilik media rights dan official broadcaster,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Gunawan mengatakan kemenpora juga bakal menggelar nobar di auditorium Kantor Kemenpora pada Senin besok. Gunawan memastikan kegiatan nobar di Kemenpora gratis dan berizin.

“Kemenpora berencana mengadakan nobar besok untuk masyarakat yang ingin bergabung menyuarakan dukungannya dan kami sediakan secara gratis,” jelasnya.

MNC Larang Nobar

MNC Group selaku pemegang hak siar Piala Asia U23 2024 buka suara mengenai nonton bareng timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan. Timnas U23 Indonesia berhasil menembus semifinal Piala Asia U23 2024 seusai memenangi laga kontra Korea Selatan melalui babak adu penalti. Tim besutan Shin Tae-yong itu pun tengah mempersiapkan diri guna menghadapi Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U23 2024. Laga timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan dijadwalkan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024).

Namun, setelah itu, muncul pengumuman resmi dari MNC Group selaku pemegang hak siar Piala Asia U23 2024 mengenai larangan kegiatan nonton bareng timnas U23 Indonesia. Kini, MNC Group telah memberikan penjelasan mengenai aturan nonton bareng laga timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U23 2024.

Berdasarkan keterangan resmi MNC Group, kegiatan nonton bareng timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan diperbolehkan selama tidak dipungut biaya kepada penonton, serta tak beriklan atau menerima sponsor dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan (Non-Komersil).

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, beberapa waktu lalu, CEO Mix Network, Bobby Christoffer, yang mengawasi semua aktivitas nobar Premier League pada era MOLA TV terkait aktivitas komersil atau non komersil ini. Prinsip nobar komersil yang dimaksud pun tetap sama.

“Misalnya, warga perumahan berkumpul untuk mengadakan nonton bareng, itu tidak apa-apa karena merupakan aktivitas non komersial,” ujar Bobby ketika itu.

“Konsepnya sama dengan komunitas. Akan tetapi, sekali ada brand yang menempel, maka itu jadi komersial.” “Kalau misalnya mereka model halal-bihalal di mana masing-masing bawa makanan dan menjadi ajang keakraban itu baik-baik aja.”

Adapun duel menghadapi Uzbekistan sangat penting bagi timnas U23 Indonesia yang ingin berburu tiket Olimpiade Paris 2024.

Pasalnya, kedua finalis dan pemenang laga prebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 berhak atas tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024. Tim yang kalah pada partai perebutan tempat ketiga bakal melakoni duel playoff melawan utusan Afrika, Guinea, guna mempertaruhkan tiket pamungkas ke Olimpiade 2024. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru