Sabtu, 24 Februari 2024

Tepat! Darmin Nasution: Potensi Ekspor Perlu Jadi Prioritas

JAKARTA- Sinergi dari berbagai pihak tentunya amat diperlukan untuk meningkatkan peranan ekspor Indonesia dalam perdagangan dunia. Sinergi tersebut diharapkan bukan hanya berkutat pada lembaga dan institusi pemerintah, melainkan dengan melibatkan dunia usaha. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi digital, sinergi tersebut tentunya dapat lebih kuat.

“Saya mengapresiasi keberanian untuk menyelenggarakan acara bertajuk Indonesia Incorporated Ekspor ini. Sebab, ini bukanlah hal yang bisa ditelurkan sebagai konsep, kemudian mudah berjalan. Ini memerlukan sinergi dari banyak pihak,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada acara Konsultasi Publik Indonesia Incorporated Ekspor, pada Jumat (3/3) di Jakarta.

Hadir dalam acara ini antara lain Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edy Putra Irawady, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM Suratmono,Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg JermanBambang Jaka Setiawan, serta Pendiri dan Pimpinan Javara Helianti Hilman.

Menko Perekonomian menyatakan perlunya menjadikan potensi ekspor sebagai salah satu prioritas. Selain itu, pemerintah akan terus memperhatikan dan membangun e-commerce dan financial technology (fintech). “Ini semua ke depan pasti akan semakin kuat peranannya,” lanjutnya.

Kepala BPOM juga menyatakan komitmennya untuk menjadikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mampu berdaya saing untuk ekspor. Tak hanya itu, akses masyarakat, kualitas dan mutu produk juga menjadi fokus BPOM.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, sebagai rangkaian acara, ada pula penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Sarinah dengan pengusaha dari Saudi Arabia (Al Burhan Trading Company atau Burhan Hotels Group) untuk membuka retail produk di Makkah.

Menurut Darmin, kegiatanKonsultasi Publik Indonesia Incorporated Ekspor ini patut dijadikan titik tolak, dan ke depan harus terus dikembangkan secara lebih menyeluruh. “Cara yang paling baik untuk menyelesaikan sesuatu adalah dengan memulainya. Jadi, mari kita mulai,” tutupnya. (ZKA Warouw) 

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru