Senin, 15 Juli 2024

BANGUN TRIAD NUKLIR RUSIA..! Putin Kembangkan Senjata Nuklir Terbesar di Dunia

JAKARTA — Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya akan mengembangkan persenjataan triad nuklir, yang merupakan terbesar di dunia untuk menjaga keseimbangan kekuatan globalnya.

Mengutip Reuters, Sabtu (22/6), Putin mengatakan persenjataan itu nantinya akan membantu tentaranya dalam menghadapi serangan musuh.

“Kami berencana untuk mengembangkan lebih lanjut triad nuklir sebagai jaminan pencegahan strategis dan menjaga keseimbangan kekuatan di dunia,” ujar Putin ketika berbicara di Kremlin pada sebuah upacara yang dihadiri oleh lulusan akademi militer, polisi dan intelijen.

Adapun Triad nuklir Rusia mengacu pada rudal nuklir yang diluncurkan di darat, laut, dan udara.

Selain itu, dalam pidatonya, Putin juga menekankan pemerintahannya juga akan segera memasok senjata dan drone terbaru kepada tentara yang tengah bertempur di Ukraina.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan sebelumnya, berdasarkan data Federasi Ilmuwan Amerika yang dirujuk The Washington Post, Rusia memiliki senjata strategis terbanyak di dunia dengan total 5.889 unit hulu ledak.

Dari keseluruhan angka itu, 1.500 di antaranya sudah tak bisa dipakai, sementara 2.889 lainnya disimpan, dan hanya 1.588 yang dikerahkan. Hulu ledak nuklir itu bisa dipasang di berbagai rudal.

Dari total hulu ledak itu, 1.185 di antaranya bisa dipasang di rudal balistik antarbenua, 800 di rudal balistik berbasis kapal selam, dan 580 di rudal yang bisa diluncurkan dari pesawat pengebom.

Di luar itu, tak diketahui pasti jumlah senjata taktis Rusia. Federasi Ilmuwan Amerika memperkirakan Negeri Beruang Merah menyimpan 1.912 senjata taktis. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru