Jumat, 22 September 2023

JOE BIDEN STRESS..! Donald Trump Mengutuk Kunjungan Pelosi Ke Taiwan: Dia Gila dan Kacau!

JAKARTA – Mantan presiden AS Donald Trump mengutuk Ketua DPR AS Nancy Pelosi karena berkunjung ke Taiwan, menyebut perjalanannya sebagai “mimpi Tiongkok.” Trump mengatakan Pelosi memberikan Beijing alasan untuk meningkatkan kekuatannya atas Taiwan.

Dilansir RT, Sabtu (6/8), Trump sebelumnya berpendapat bahwa kunjungan Pelosi yang berdampak pada latihan militer skala besar Tiongkok dan hubungan diplomatik yang makin buruk dengan AS, akan menimbulkan kebencian dan friksi besar.

“Nancy Pelosi Gila, Apa-apaan? Apa yang dia lakukan di Taiwan?” kata Trump saat kampanye reli di Wisconsin, Jumat kemarin. “Dia itu mimpinya Tiongkok. Dia memberi mereka alasan. Mereka telah menantikan alasan itu, dan dia beri. Semua yang dia sentuh berubah menjadi.. anda-tahulah.”

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, Pelosi mengunjungi Taiwan pada Selasa, setelah Beijing berulang kali memberi peringatan bahwa berkunjung ke Taiwan akan mengakibatkan konsekuensi diplomatik dan militer. Meski Taiwan telah memiliki pemerintahan sendiri pada 1949, Tiongkok tetap mengklaim kedaulatannya atas pulau itu dan menganggap kunjungan tingkat tinggi Pelosi sebagai dukungan diam-diam terhadap kemerdekaan Taiwan. Sementara AS secara resmi mengakui klaim Beijing atas Taiwan sejak 1970-an di bawah kebijakan “Satu Tiongkok’.

Setelah kunjungan Pelosi, Tiongkok menggelar latihan militer skala besar dan mengenakan pembatasan perdagangan kepada Taiwan, menjatuhkan sanksi terhadap Pelosi dan keluarganya, serta memutus komunikasi dengan Washington terkait isu-isu penting seperti keamanan maritim, penagakan hukum transnasional, dan perubahan iklim. Saat latihan militer berlangsung, pejabat militer Tiongkok dilaporkan menolak untuk menjawab panggilan telepon dari rekan Amerikanya.

Sementara saat masih berkuasa, Trump mengawasi poros kebijakan luar negeri AS dari Timur Tengah ke Tiongkok. Seperti Strategi Pertahanan Nasional Pentagon 2018 menamai Tiongkok sebagai “kompetitor strategis” paling tinggi. AS juga melancarkan perang dagang dengan Tiongkok selama periode kepemimpinannya. Saat Covid-19 muncul dari kota Wuhan Tiongkok pada 2020, Trump melabelinya dengan nama “virus Tiongkok”, kemudian menuduh Tiongkok merusak dunia dengan patogen.

Namun, separuh lebih dari 50 anggota Senat dari Partai Republik memuji kunjungan Pelosi ke Taiwan, Trump sebelumhya malah berpendapat bahwa kunjungan itu ide yang buruk.

“Kenapa Nancy Pelosi melibatkan diri dengan Tiongkok dan Taiwan, daripada bikin masalah lebih baik bikin uang, mungkin melibatkan informasi orang dalam untuk suaminya yang curang itu? Trump merujuk pada pembelian saham semikonduktor oleh suami Pelosi sebelum pemungutan suara di Kongres terkait undang-undang subsidi industri semikonduktor di AS

Kenyataannya, Paul Pelosi mengalami kerugian saat menjual sahamnya sebelum pemungutan suara dilakukan. Seorang juru bicara mengatakan, keputusan menjual saham dibuat untuk melawan misinformasi yang mengkaitkan pembelian saham dengan pemungutan suara. Pelosi membantah membagikan informasi orang dalam dengan suaminya.

Pelosi juga disebut menemui kepala pabrik semikonduktor terbesar di dunia saat di Taiwan, sebab pabrik perusahaan Arizona direncanakan untuk mendapat keuntungan dari subsidi AS, begitu Presiden Joe Biden menandatangani undang-undang itu.

“Semua yang dia sentuh berubah menjadi Chaos, Disrupsi, dan omong kosong,” lanjut Trump. “Kekacauan di Tiongkok adalah yang terakhir dia terlibat.. Nancy gila baru saja melibatkkan dirinya dan menyebabkan friksi dan kebencian yang besar. Dia benar-benar kacau!!” (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,560PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru